Intip Rahasia Nama Bayi Laki-laki Bahasa Sumbawa yang Unik

Nama Bayi Laki-laki Bahasa Sumbawa

Nama Bayi Laki-laki Bahasa Sumbawa yang Unik – Indonesia terdiri dari banyak pulau. Sumbawa adalah salah satunya. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini menyimpan beragam budaya, termasuk ciri khas bahasanya sendiri. Dari bahasa inilah terlahir nama bayi laki-laki bahasa Sumbawa yang unik. Tak hanya unik, nama-nama tersebut tentunya menyimpan makna yang baik sebagai sumber harapan untuk sang bayi.

Nama Bayi Laki-laki Bahasa Sumbawa

Hal yang unik dari nama bayi laki-laki bahasa Sumbawa ini adalah bahwa hampir semuanya diadopsi dari bahasa Arab yang Islami. Namun, masyarakat di Sumbawa, khususnya di Bima, mempunyai panggilan tersendiri yang unik. Hal ini disebabkan oleh perbedaan susunan kata antara bahasa Arab dan bahasa Sumbawa. Berikut kumpulan nama bayi laki-laki khas Sumbawa.

1. Mahama

Nama Mahama merupakan nama panggilan khas Sumbawa untuk orang yang memiliki nama Muhammad. Muhammad sendiri terkenal sebagai nama nabi umat Muslim yang berasal dari bahasa Arab. Dalam bahasa Arab, nama Muhammad berdoa dengan baik, terpuji dan di rahmati. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, nama Muhammad diartikan sebagai jalan penghidupan yang tenteram, merdeka, sempurna dan bahagia. Dengan memberikan nama Mahama ini diharapkan sang bayi akan meneladani sifat Nabi Muhammad yang mulia.

2. Salema

Sama seperti nama sebelumnya, nama bayi laki-laki bahasa Sumbawa ini merupakan nama salah satu nabi dalam Islam, yakni Nabi Sulaiman. Nama Sulaiman sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya tenang. Selain itu, nama ini juga mempunyai arti dari bahasa Afrika, yakni kedamaian. Nama ini juga merepresentasikan sosok nabi kedelapanbelas, Nabi Sulaiman AS, yang terkenal dengan kekayaan, kecerdikan nan kedermawanannya. Siapapun yang menyandang nama ini diharapkan dapat menjadi tauladan baik bak Nabi Sulaiman.

3. Barahi

Masih dengan nama-nama nabi dalam Islam, nama yang satu ini berasal dari nama ayahanda Nabi Ismail, yakni Nabi Ibrahim AS. Nama Barahi atau Ibrahim sempat mencapai popularitasnya pada tahun 1998, namun saat ini nama ini sudah anti-mainstream. Dalam bahasa Arab, Ibrahim mempunyai arti penguasa yang baik. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, Ibrahim diartikan sebagai keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh dan kekuasaan. Dengan nama ini, harapannya sang anak dapat menjadi tauladan yang baik, teguh dan bijak.

4. Sama’i

Nama bayi laki-laki bahasa Sumbawa yang satu ini merupakan nama panggilan dari nama Ismail. Nama Ismail diambil dari nama salah satu nabi dalam Islam juga, yakni Nabi Ismail sang putra Ibrahim. Nama yang juga populer pada tahun 1998 ini juga menyimpan nama yang baik. Ismail memiliki arti orang yang selalu diberkati, pekerja keras, penuh keyakinan dan penolong. Anda dapat menghadiahkan nama ini pada putra Anda dengan harapan ia dapat menjadi anak yang selalu diberkati, rajin bekerja, teguh dan suka menolong.

5. Baka

Bukan berasal dari Jepang, nama bayi laki-laki bahasa Sumbawa yang selanjutnya adalah Baka. Baka merupakan panggilan dari Abu Bakar, salah satu tokoh Muslim yang sangat berpengaruh. Nama Abu Bakar seringkali dijadikan sebagai nama tengah. Nama yang sempat disandang oleh sahabat Nabi yang juga Khulafaur Rasyidin yang pertama ini berasal dari bahasa Mesir. Dalam bahasa Mesir, nama ini mempunyai arti bangsawan. Oleh karenanya, sang anak diharapkan menjadi putra bangsawan yang teladan seperti Abu Bakar.

Itu dia beberapa pilihan nama bayi laki-laki bahasa Sumbawa yang unik dan menarik. Untuk membuat perpaduan nama yang harmonis, Anda bisa menggabungkan nama-nama tersebut menjadi satu atau memadukannya dengan nama dari bahasa lain seperti bahasa Arab.