Intip Nama Bayi Laki-laki Bahasa Banten yang Berhubungan dengan Kesultanan

Nama Bayi Laki-laki Bahasa Banten

Nama Bayi Laki-laki Bahasa Banten yang Berhubungan dengan Kesultanan – Mengintip kembali sejarah Nusantara yang masih bersistem kerajaan, salah satu kerajaan yang pernah mengibarkan benderanya di Indonesia adalah Kesultanan Banten. Dari namanya sudah dapat ditebak kalau kerajaan Islam yang satu ini terletak di Provisi Banten, tepatnya di Tatar Pasundan. Kesultanan Banten sendiri memiliki banyak sekali rekam sejarah, termasuk sejarah tentang keempat sultannya yang terkenal sampai sekarang.

Nama Bayi Laki-laki Bahasa Banten

Empat sultan Banten yang berwibawa dan berpengaruh besar pada zamannya itu meninggalkan jejak dan bekas bagi penduduk Banten. Salah satu cara mempertahankan sejarah ini adalah dengan menggunakan nama-nama sultan tersebut sebagai nama putra-putra kelahiran Banten. Berikut ini adalah beragam nama bayi laki-laki bahasa Banten yang berhubungan dengan Kesultanan Banten.

1. Pangeran Sabakingking

Pangeran Sabakingking atau Ayam Jago Sabakingking, merupakan nama lain dari Sultan Maulana Hasanuddin. Sultan Maulana Hasanuddin merupakan sultan Banten pertama yang berkuasa selama sekitar 18 tahun, yakni sejak tahun 1552 sampai tahun 1570. Sultan Maulana Hasanuddin merupakan tokoh Islam aliran Sunni yang juga dikenal sebagai dalang masuknya agama Islam di Banten. Sampai saat ini, julukan Sabakingking yang diberikan pada Sultan Maulana Hasanuddin masih melegenda dan digunakan sebagai nama motif batik khas Banten. Nama ini juga akan sangat unik dan khas jika disematkan pada putra Anda.

2. Pangeran Surya

Nama Surya merupakan salah satu nama khas Banten yang disandangkan pada sultan keenam Kesultanan Banten yakni Sultan Ageng Tirtayasa atau Abu al-Fath Abdulfattah. Sebelum diberi julukan Pangeran Surya, beliau pernah mendapat gelar Pangeran Adipati atau Pangeran Dipati. Maka tidak heran, kalau nama Surya, Ageng, Tirto atau Adipati sangat banyak digunakan oleh masyarakat Banten. Tiga nama bayi laki-laki bahasa Banten tersebut memiliki arti masing-masing antara lain matahari, yang agung, baik dan sopan. Sedangkan Adipati sendiri merupakan gelar raja muda.

3. Sultan Maulana Muhammad Shafiuddin

Nama bayi laki-laki bahasa Banten yang erat dengan nuansa kesultanan selanjutnya adalah nama dari sultan Banten ke-17. Nama asli beliau adalah Sultan Muhammad bin Muhammad Muhyiddin Zaunissalihin, yang kemudian juga dikenal sebagai Sultan Maulana Muhammad Shafiuddin. Meski waktu jabatannya terbilang singkat, yakni hanya sekitar 4 tahun dari tahun 1809 sampai 1813, beliau telah meninggalkan banyak jejak dalam sejarah Kesultanan Banten. Maka tidak heran kalau masyarakat masih menggemari nama beliau untuk diberikan kepada putra-putra asal Banten.

4. Sultan Syarif Muhammad ash-Shafiuddin

Sultan Banten yang satu ini memiliki rangkaian nama yang dapat menjadi inspirasi nama bayi laki-laki bahasa Banten. Beliau bernama asli Ratu Bajus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja. Namun setelah resmi menjadi sultan, beliau dijuluki sebagai Sultan Syarif Muhammad ash-Shafiuddin Azmatkhan al-Husaini. Beliau adalah sultan Banten ke-18 yang menjabat sejak tahun 2016 sampai saat ini. Seperti para pendahulunya, Sultan Syarif Muhammad ash-Shafiuddin juga memiliki nama khas yang kemudian banyak digunakan oleh masyarakat seperti Bagus, Hendra, Atma atau Shafiuddin.

Itu dia beberapa nama sultan dari Kesultanan Banten yang dapat me jadi inspirasi nama bayi laki-laki khas Banten untuk putra Anda. Melihat nama-nama sultan yang begitu panjang, Anda tinggal mengambil beberapa kata saja. Tak hanya itu, Anda juga dapat memadukan nama bayi laki-laki bahasa Banten yang khas kesultanan itu dengan nama lain. Dengan begitu, nama putra Anda akan lebih harmonis tanpa menghilangkan kesan kesultanan.