9 Nama Wali Songo Untuk Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Islami

Nama Bayi Yang Terinspirasi Wali Songo – tanyanama.com. Bukan hanya berasal dari bahasa Arab, inspirasi nama bayi islami juga bisa diambil dari tokoh islam. Misalnya saja dengan memakai nama-nama yang terinspirasi dari tokoh wali Songo atau sunan.

Wali songo adalah sebutan bagi para ulama pertama kali menyebarkan ajaran Islam di tanah Jawa. Wali songo menggunakan sistem akulturasi budaya dalam menyebarkan agama Islam. Sehingga para penduduk Indonesia pun tertarik dengan ajaran Islam dan banyak yang memeluknya.

Dalam artikel ini tanyanama.com akan menyajikan nama asli Wali Songo beserta dengan makna dan artinya yang bisa bunda jadikan referensi dalam menamai sang buah hati.

Nama asli para Wali Allah ini bisa dijadikan sebagai rangkaian nama sebagai harapan agar putra Bunda bisa meneladani sifat-sifatnya. Langsung saja simak ulasan di bawah guna menemukan informasi selengkapnya.

Nama bayi laki laki islami dari nama wali songo
ilustrasi anak islami – pixabay

Kumpulan 9 Nama Wali Songo Sebagai Inspirasi Nama Anak Laki-laki

1. Sunan Gresik

Sunan Gresik memiliki nama asli Syekh Maulana Malik Ibrahim. Nama malik memliki arti raja, sedangkan Ibrahim merupakan nama nabi yang artinya ‘penguasa yang baik’. Sunan maulana Maulana Malik Ibrahim diketahui beraasal dari Asia tengah, yaitu dari daerah samarkand. Sunan gresik mendirikan masjid di Desa Pasucinan Manyar dan menyiarkan islam di bagian timur pulau jawa. Beliau juga merupakan seorang ahli tata negara.

2. Sunan Ampel

Nama asli sunan Ampel adalah Raden Rahmat. Rahmat sendiri adalah sebuah nama yang memiliki arti belas kasihan dan kejayaan. Raden Rahmat juga dijuluki Sayyid Ahmad Rahmatillah. Menurut sejarahnya beliau merupakan putra dari Ibrahim Zainuddin Al-Akbar dan Dewi Condro Wulan. Pada tahun 1479 raden rahmat atau sunan ampel mendirikan masjid Agung Demak yang masih berdiri hingga saat ini di daerah Demak.

3. Sunan Bonang

Sunan Bonang memiliki nama asli Raden Makhdum Ibrahim. Nama Makhdum adalah nama untuk bayi laki-laki yang artinya berilmu, panda, dihargai, serta dihormati. Sementara Ibrahim adalah nama seorang nabi yang bermakna penguasa yang baik. Sosok Wali songo ini merupakan putra dari Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila. Sesudah ayahnya wafat ia menimba ilmu di Malaka.

Sesudah selesai belajar agama di Malaka ia kembali Tuban dan mendirikan sebuah pondok pesantren. Nama Bonang sendiri hingga kini dijadikan sebagai sebuah nama desa di Rembang.

4. Sunan Drajat

Raden Qasim adalah nama asli dari Sunan Drajat. Beliau juga merupakan putra dari Sunan Ampel, sama seperti sunan bonang. Nama Qasim sendiri memiliki arti satu yang terbaik. Pada zaman tersebut para ulama diberi gelar bangsawan Raden yang diambil dari kata Rahadian dan bermakna Tuanku. Sunan Drajat sendiri mendapat julukan Raden Syarifudin.

5. Sunan Kudus

Sayyid Ja’far Shadiq Azmatkhan adalah nama Asli dari Sunan Kudus. Ja’far Shadiq adalah nama bahasa Arab yang memiliki arti pemimpin yang bertanggung jawab serta dapat diandalkan. Ia juga memiliki karakter analitis dan praktis. Azmatkhan adalah salah satu nama marga.

Sunan Kudus berasal dari Al-Quds Yerussalem Palestina. Beliau merupakan putra dari Raden Usman Haji dengan seorang Syarifah atau keturunan Rasulullah yang bernama Syarifah Ruhil. Sunan kudus berdakwah di kudus dan membangun Masjid Kudus yang berdiri hingga kini dengan ciri khas arsitektur kudusnya.

6. Sunan Giri

Raden Ainul Yaqin merupakan nama asli dari sunan Giri. Ainul memiliki arti mata dan Yaqin artinya percaya atau keyakinan. Sosok wali songo ini juga memiliki beberapa julukan seperti Raden Paku, Sultan Abdul Faqih, Prabu Satmata, sert Joko Samudro. Beliau merupakan putra dari Maulana Ishaq dengan Dewi Sekardadu, putri dari Prabu Menak Sembuyu, seorang raja di Blambangan.

Berdasarkan kisah yang beredar, beliau mendirikan pesantren di desa Sidomukti, Kebomas, Gresik. Pesantren yang didirikan Sunan Giri dikenal sebagai salah satu pusat penyebaran Islam yang ada di Pulau Jawa.

7. Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga adalah nama wali songo selanjutnya yang bisa Bunda jadikan referensi nama bayi. Sunan Kalijaga memiliki nama asli Raden Said. Said adalah nama untuk bayi laki-laki yang memiliki arti kehormatan dan kebahagiaan. Beliau diketahui memiliki beberapa julukan seperti Lokajaya, Pangeran Tuban, Syekh Malaya, dan Raden Abdurrahman.

Sunan kalijaga merupakan putra dari Bupati Tuban pada saat itu, yang biasa dijuluki dengan gelar Raden Sahur. Sunan Kalijaga diahirkan pada tahun 1450 di Tuban serta wafat tahun 1550 di Demak. Beliau diketahui menyebarkan dakwah islam melalaui beragam kebudayaan dan kesenian.

8. Sunan Muria

Sunan muria memliki nama asli Raden Umar Said. Umar dalah nama Islami yang artinya kehidupan, panjang umur, dan melimpah. Dan juga merupakan nama seorang sahabat Rasululllah SAW. Sementara nama said memiliki arti kehormatan dan kebahagiaan.

Sunan Muria merupakan putra dari Sunan Kalijaga. Saat berdakwah, Sunan Muria mirip dengan ayahnya. Beliau berdakwah melalui pendekatan seni dan kebudayaan di tanah Jawa.

9. Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati memiliki nama Asli Syarif Hidayatullah Al-Khan. Nama Syarif mempunyai arti mulia, terhormat. Hidayatullah bermakna petunjuk Allah. Sementara Al-Khan adalah nama sebuah marga dari India.

Sunan Gunung Jati adalah berasal dari keraton Pajajaran melalui keturuan Nyai Rara Santang. Beliau tinggal di Kota Cirebon, dan menjadikannya sebagai pusat pemerintahan serta dakwah. Dalam berdakwah beliau menganut kecenderungan akulturasi budaya Timur Tengah yang lugas serta mendekati masyarakat dengan membangun berbagai infrastruktur seperti jalan.

Itulah dia beberapa nama wali songo atau waliyullah yang dilengkapi dengan biografi singkatnya. Semoga bisa Bunda jadikan inspirasi dalam memberi nama bayi laki-laki.


Sumber: disadur dari islam.nu.or.id