Nama Bayi Laki Laki

Nama Bayi Laki-Laki Keturunan Asli Suku Dayak

Nama Bayi Laki-Laki Suku Dayak – tanyanama.com. Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai macam suku yang berbeda etnis yang hidup berdampingan. Salah satu yang masih bertahan ialah suku Dayak. Dayak sendiri merupakan suku yang masih bertahan dari gempuran teknologi yang masih memegang erat tradisinya.

Nama-nama khas suku dayak menjadi simbol sekaligus pembuktian bahwa suku dayak masih menjaga tradisi leluhurnya dengan membekali keturunan mereka dengan menjaga nama-nama anak mereka. Berikut ini contoh nama bayi laki-laki keturunan suku Dayak yang bisa menjadi bahan acuan anda dalam memilih nama untuk calon buah hati.

Nama Bayi Laki-Laki Suku Dayak

Nama Bayi Laki-Laki Keturunan Asli Suku Dayak

1. Hanjak
Seseorang yang memiliki sifat selalu gembira dan periang

2. Mamut
Seorang lelaki yang memiliki pangkat dan kedudukan yang tinggi di masyarakat

3. Purok
Anak laki-laki keturunan Dayak yang memiliki kekuasaan dan kekuatan’

4. Harati
Bayi laki-laki yang memiliki kepintaran dan kecerdasan yang tinggi

5. Sipet : Bayi laki-laki yang dapat beradaptasi dengan lingkungan secara cepat

6. Mantir
Anak lelaki keturunan Dayak asli tanpa pengaruh orang Banjar

7. Simpei
Bocah yang memiliki sifat dan sikap tegas dalam menjalani kehidupan

8. Rumbun
Pemuda yang mempunyai pikiran atau wawasan luas

9. Menteng
Pria dari suku Dayak yang banyak manfaatnya untuk orang sekitar

10. Mantikei
Sebuah legenda suku Dayak yang memiliki arti besi yang lentur, dapat menggambarkan kekuatan dan keluwesan yang menjadi satu

Baca juga:

Nama Bayi Laki-Laki Filipina

11. Nanjan
Pria yang raganya kuat, memiliki hati yang tidak mudah gentar

12. Labih
Seorang putra dari suku Dayak yang mudah memaafkan, mempunyai hati yang luas

13. Hanyi
Anak yang dilahirkan ke dunia karena anugerah Tuhan

14. Ekot
Pemuda yang berkharisma dan berwibawa tinggi

15. Djata
Laki-laki keturunan Dayak yang bijaksana dan memiliki keteguhan hati

16. Dehen
Anak lelaki yang menjunjung tinggi keadilan

17. Binti
Seorang putra yang senantiasa mengingat Tuhan, dalam kehidupannya. Ia selalu bersama Tuhan

18. Ampong
Bayi lelaki keturunan Dayak yang berkepribadian baik, gagah berani, pantang menyerah dan tahan banting

Baca juga:

Nama Bayi Laki-Laki Papua

Rangkaian Nama Asli Bayi Dari Dayak

1. PUROK MAMUT HANJAK
Rangkaian nama asli suku Dayak yang pertama ialah Purok Mamut Hanjak, yang berarti seorang anak laki-laki yang memiliki kekuasaan dan pangkat serta sifat yang periang. Dimana masing-masing penggalan namanya memiliki arti yaitu Purok yang artinya bayi keturunan Dayak yang memiliki kekuasaan, Mamut artinya anak yang pangkatnya tinggi di masyarakat dan Hanjak yang berarti gembira atau periang.

2. MANTIR SIPET HARATI
Nama yang ini bermakna bayi lelaki dari Dayak yang supel dan cerdas. Arti ini diambil dari kata Mantir yang diartikan sebagai seseorang yang memang asli ras suku Dayak, Sipet berarti anak yang dapat beradaptasi dengan cepat, sementara Harati sendiri diartikan dengan seorang yang mempunyai kecerdasan.

3. MENTENG RUMBUN SIMPEI
Pria berwawasan luas dan tegas sehingga dapat memberi manfaat bagi orang banyak. Itulah sepenggal kalimat yang mewakili arti dari nama Menteng Rumbun Simpei. Yang apabila dipisah per kata akan menghasilkan arti seperti Menteng yang artinya laki-laki keturunan Dayak yang bermanfaat bagi orang banyak, Rumbun diartikan sebagai pikiran atau wawasan yang luas dan Simpei di gambarkan sebagai sosok yang tegas.

4. LABIH NANJAN MANTIKEI
Nama ini bisa anda jadikan sebagai contoh nama laki-laki yang memiliki hati yang luas (legowo), tapi juga memiliki fisik yang kuat serta sifat yang bijaksana. Penggalan per kata dari nama tersebut mengandung arti Labih yang bermakna seoran bocah laki-lai keturunan Dayak yang berhati luas. Nanjan bermakna laki-laki yang kuat raganya, dam tidak mudah gentar hatinya. Sementara Mantikei diartikan sebagai legenda dikalangan suku dayak yang berarti besi yang luntur. Maksudnya menggambarkan kekuatan dan keluwesan yang bebarengan.

5. DJATA EKOT HANYI
Rangkaian nama ini terdiri dari 3 kata yakni Djata yang artinya bocah keturunan suku Dayak yang memiliki keteguhan hati serta bijaksana. Ekot diartikan sebagai anak yang berwibawa tinggi, sedangkan Hanyi berarti bayi laki-laki yang telah lagir ke dunia karena anugerah Tuhan. Jadi apabila di gabung bermakna seorang laki-laki sebagai anugerah Tuhan yang mana mempunyai kehormatan dalam lingkungannya karena sifatnya yang teguh dan bijaksana.

6. AMPONG BINTI DEHEN
Rekomendasi nama yang terakhir ialah Ampong Binti Dehen. Yang mana Ampong memiliki arti pemuda keturunan Dayak yang gagah berani dan tahan banting. Binti berarti pria yang selalu bersama TUhan atau bisa disebut orang yang senantiasa ingat Tuhan. Dehen bermakna seorang putra yang memiliki rasa keadilan yang tinggi. Nah, jika disatukan maka akan menjadi pria yang kuat raganya (tahan banting), senantiasa ingat Tuhan dan memiliki rasa keadilan yang tinggi kepada sekitarnya.

Baca juga:

Nama Bayi Laki-Laki Aceh

Itulah beberapa nama bayi laki-laki keturunan dayak yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk calon nama anak anda. Semoga contoh nama – nama di atas dapat membantu anda yang sedang ingin mencari nama asli suka Dayak.

To top