Nama Bayi Nama Bayi Laki Laki

Inilah Nama Bayi Laki-laki Bahasa Sasak yang Memiliki Khas

Nama Bayi Laki-laki Bahasa Sasak

Nama Bayi Laki-laki Bahasa Sasak – Salah satu hal yang identik dengan Indonesia adalah banyaknya jumlah pulau yang mendukung keberagaman Indonesia. Maka tidak heran, kalau suku yang ada di Indonesia juga beragam. Salah satu suku di Indonesia adalah Suku Sasak. Sama seperti suku-suku lain, suku yang berasal dari daerah Lombok ini memiliki ciri khas tersendiri, termasuk dalam bahasa dan nama yang diberikan kepada anak-anak mereka.

Nama Bayi Laki-laki Bahasa Sasak

Bahasa suku Sasak yang khas melahirkan banyak sekali kosa kata yang kemudian dijadikan nama putra putri suku Sasak. Meski terbilang unik dan anti-mainstream, nama-nama tersebut tetap memiliki makna yang bagus. Berikut adalah kumpulan nama bayi laki-laki khas suku Sasak yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk memberi nama putra Anda.

1. Djalenga

Nama bayi laki-laki bahasa Sasak yang pertama adalah Djalenga. Nama yang satu ini memiliki arti kekuatan. Dilihat dari arti dan struktur katanya saja, nama ini sudah memberi kesan kelaki-lakian yang sangat kuat dan identik dengan kekuatan. Oleh karenanya, nama ini akan sangat cocok untuk setiap bayi laki-laki. Siapapun yang menyandang nama ini diharapkan dapat menjadi pribadi yang kuat dan tangguh, terutama saat menjalani kehidupan ketika besar nanti.

2. Ares

Tak pasaran, nama bayi laki-laki bahasa Sasak yang berikutnya ini diadopsi dari nama makanan khas Lombok, struktur katanya sama persis. Ares sendiri merupakan makanan yang terbuat dari kedebong atau batang pisang. Makanan ini biasa disajikan pada acara begawe, acara makan-makan khas Lombok. Meski diadopsi dari nama makanan dan belum ada arti yang jelas, nama Ares bisa dibilang cukup populer. Menghadiahkan anak dengan nama ini akan memberikan esensi budaya Lombok yang khas pada namanya.

3. Jatiswara

Masih dengan nama bayi laki-laki bahasa Sasak yang khas, nama Jatiswara mengisi daftar selanjutnya. Meski terkesan gagah dan kuat, rupanya nama ini memiliki arti yang lebih dari sekedar kekuatan atau keteguhan. Jatiswara, dalam bahasa Sasak, memiliki arti suara yang sejati atau hati nurani. Nama ini akan sangat cocok jika disandingkan dengan nama-nama bahasa Jawa. Namun, apabila Anda ingin memberi nama yang lebih Islami, Anda bisa menggabungkan nama Jatiswara dengan nama dari bahasa Arab.

4. Kendal

Saat mendengar nama yang satu ini, Anda mungkin langsung berpikir tentang nama salah satu selebriti Hollywood yang sangat terkenal dalam dunia modelling, yakni Kendall Jenner. Namun, siapa sangka kalau nama Kendal merupakan nama bayi laki-laki bahasa Sasak yang asli Indonesia. Dalam bahasa Sasak, Kendal memiliki arti kulit daun. Melihat artinya, sih, baik struktur kata maupun maknanya sama-sama khas, ya. Nama Kendal akan menjadi lebih harmonis bila disandingkan dengan nama sebelumnya seperti Ares atau Djalenga.

5. Selaparang

Apabila Anda ingin memberikan nama anak yang memberi kesan budaya Sasak yang sangat kental, nama yang satu ini akan cocok untuk Anda. Selaparang merupakan nama salah satu kerajaan yang melegenda di Lombok. Namun siapa sangka, nama kerajaan ini juga pantas untuk dijadikan nama anak, loh. Karena memiliki huruf yang mencapai 9 huruf, alangkah baiknya kalau nama Selaparang dijadikan penutup rangkaian nama putra Anda.

Supaya terlihat lebih harmonis, Anda bisa memadukan nama Selaprang dengan bahasa Jawa.
Itulah nama bayi laki-laki bahasa Sasak yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Dari deretan nama di atas, sudah bisa kelihatan, ya, kalau suku Sasak memiliki bahasa yang unik, menarik namun juga memberikan makna dan kesan yang mendalam.

To top