Nama Bayi

50+ Nama Bayi Terinspirasi Dari Makanan Yang Unik, Lucu, dan Menggemaskan

Nama Bayi Terinspirasi Dari Makanan – tanyanama.com. Setiap calon orang tua memiliki kriteria tersendiri saat memberikan nama pada sang buah hati. Beberapa pasangan mungkin menginginkan nama-nama yang unik sesuai dengan kesenangan atau hobi.

Inspirasi nama untuk anak memang bisa datang dari mana saja, bahkan dari hal-hal yang tak biasa. Salah satunya adalah nama bayi bertema unsur kuliner dari makanan dan minuman yang lucu dan imut.

Bukan hanya makanan manis dan lezat yang bisa menjadi ide nama. Nama rempah bumbu, sayuran, buah, atau hal-lain yang berkaitan dengan hidangan atau dapur juga bisa menjadi ide nama yang lucu dan menggemaskan.

Biarpun begitu, nama-nama yang unik dan anti mainstream ini tetap terdengar indah dan menarik perhatian.

Berikut ini adalah inspirasi nama bayi dari makanan yang mungkin bisa Bunda pakai untuk menamai si kecil. Selamat menyimak!

Nama bayi dari makanan
ilustrasi anak bayi yang sedang makan – unsplash

Nama Bayi Perempuan Terinspirasi Dari Makanan

Amandine

Sebagai rekomendasi pertama ada nama Amandine dari Perancis. Nama perempuan dari bahasa Prancis ini memiliki arti ‘tercinta’. Amandine juga merupakan sebutan bagi makanan yang menjadi hiasan kacang almond.

Anise

Aanise adalah julukan bahasa Inggris dari bunga lawang. Nama dari makanan ini pastinya sangat manis bagi putri kecil yang imut dan menggemaskan. Bunga ini juga memilik rasa mirip dengan rempah adas manis.

Brandy

Nama Brandy adalah nama yang diambil dari sejenis minuman. Brandy merupakan sebutan untuk jenis Liquor (sering disebut sebagai brandy wine atau brand(e)wine, kata ini diambil dari bahasa Belanda brandewijn “Anggur yang disaring”.

Brie

Brie adalah nama anak perempuan yang terinspirasi dari sejenis keju, yaitu keju brie.

Cayenne

Cayenne adalah nama cabai pedas yang tumbuh di Amerika. Tentu pemberian nama Cayenne memiliki maksud nama yang baik. Yaitu agar si kecil menjadi pribadi yang pemberani dan tak takut apapun. Atau istilahnya “kecil-kecil cabe rawit”.

Candy

Candy adalah salah satu pilihan nama yang paling manis bagi bayi perempuan. Nama Candy juga memiliki arti manis. Candy dalam bahasa Inggris juga bisa berarti permen.

Clove

Clove dalam bahasa Inggris artinya cengkeh. Rempah yang satu ini juga banyak ditemui di Indonsia. Bahkan kualitas cengkeh dari Indonesia kualitasnya sudah mendunia dengan segudang manfaat kesehatan.

Memberikan nama Clove pada putri cantik Bunda akan menjadi doa agar ia menjadi orang yang bermanfaat dan dikenal banyak orang.

Chai

Chai adalah nama bayi perempuan lucu dan imut yang terinspirasi dari minuman yang bernama chai. Chai merupakan sejenis teh rempah-rempah.

Charlotte

Charlotte adalah nama sejenis hidangan penutup. Namun nama ini juga sering dipakai untuk menamai bayi di luar negeri. Pada tahun 2016 nama Charlotte sangat populer dipakai untuk menamai anak gadis di Australia.

Clementine

Clementine adalah nama buah sebangsa jeruk. Buah jeruk ini merupakan hibrida atau persilangan antara jeruk keprok willowleaf dengan jeruk manis. Clemetine juga merupakan salah satu nama yang sangat cantik bagi anak perempuan.

Cherry

Cherry adalah nama cantik dan manis yang terinspirasi dari buah ceri.

Chia

Chia adalah biji-bijian yang dapat dimakan dari tumbuhan Salvia hispanica yang diklaim memiliki segudang khasiat. Nama bahan makanan ini mungkin juga cocok sebagai inspirasi nama Bunda.

Cinnamon

Cinnamon adalah sebutan lain dari kayu manis. Kayu manis merupakan rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan dijadikan obat tradisional. Nama berawalan huruf C ini juga sangat imut dan manis untuk putri Bunda.

Coco

Coco memiki arti kelapa dalam bahasa Indonesia. Namun nama ini bisa dipakai sebagai nama depan yang imut dan cantik. Selain memiliki kesan lucu dan menggemaskan nama ini juga cukup populer.

Beberapa artis ternama diketahui menggunakan nama ini untuk menamai putrinya. Salah satunya mantan pasangan David Arquette dan Courtney Cox. Seorang pemain sepak asal Italia juga memakai nama ini, yaitu Francesco Coco.

Coriander

Coriander adalah julukan lain dari ketumbar dalam bahasa Indonesia. Nama bumbu dapur yang berbentuk kecil-kecil membulat ini sangat imut dijadikan nama anak perempuan.

Ginger

Tentunya Bunda sudah mengetahui bahwa nama gingger berati jahe dalam bahasa Inggris. Namun Ginger juga populer dipakai untuk menamai anak perempuan. Apalagi nama Ginger juga memiliki arti lain yaitu ‘murni’. Selain itu, nama dari bahasa Inggris ini juga terdengar cukup ear-catching.

Honey

Honey dalah sebutan untuk madu dalam bahasa Inggris. Dalam percakapan sehari-hari bahasa Inggris kata ‘honey’ juga sering dipakai pasangan kekasih sebagai panggilan sayang. Sehingga selain bermakna madu nama ini juga bisa berarti ‘sayang’. Jika dikehendaki Bunda juga bisa memakai nama Islami Hani yang pengucapannya mirip, dan artinya ‘jalan terang’ dan ‘bahagia’.

Jasmine

Jasmine sebenarnya adalah sebutan bahasa Inggris dari bunga melati. Bunga melati dikenal sebagai campuran dalam beberapa jenis makanan dan minuman seperti teh melati. Sehingga nama ini tetap masuk list nama bayi yang terinspirasi minuman. Dengan menyandang nama cantik ini diharapkan putri Bunda akan membawa keharuman bagi keluarganya.

Julienne

Nama Julienne mungkin sangat cocok untuk bayi perempuan yang lahir di bulan Juli. Namun, tahukah Bunda bahwa Julienne adalah sebutan untuk teknik memotong makanan asal Prancis?

Kemangi

Kemangi salah satu tumbuhan bumbu yang mirip basil, dan masih satu keluarga dengan daun mint. Bukan hanya di Indonesia, ternyata tanaman rempah dengan segudang manfaat kesehatan ini telah di kenal di seluruh dunia dengan berbagai jenis. Kemangi juga bisa dijadikan sebagai nama anak perempuan yang aesthetic dan unik.

Di Indonesia sendiri daun beraroma wangi ini kerap dijadikan lalapan. Kadang juga sebagai penambah aroma sedap pada masakan. Nama Kemangi bisa dibuat gabungan dengan rangkaian nama lainnya. Misalnya Dewi Arum Kemangi, dengan makna perempuan cantik bagai dewi yang membawa keharuman bagai daun kemangi.

Kale

Kale atau kubis keriting adalah sejanis sayuran hijau mirip kubis (dengan nama latin Brassica olerace). Kale yang juga cukup unik sebagai ide nama bayi dari makanan.

Lavender

Selain dikenal sebagai bunga Aromaterapi dan pengusir nyamuk, lavender juga bisa digunakan sebagai herba seperti halnya rosemary dan kadang digunakan sebagai pelengkap dalam hidangan salad. Nama ini juga cantik untuk disematkan pada anak perempuan.

Madeleine

Nama Madeleine berasal dari petit madeleine. Yaitu hidangan tradisional Prancis berupa kue-kue kecil yang lezat.

Maple

Mapple adalah nama sejenis tumbuhan. Tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai sirop maple yang lezat. Sirop mapel adalah sirop yang dibuat dari getah pembuluh kayu pohon mapel gula, mapel merah, dan beberapa jenis maple lainnya.

Margarita

Mrgarita adalah nama sejenis pizza dan koktail. Margarita juga bisa berarti mutiara dan kerap dijadikan sebagai nama bayi perempuan.

Nori

Dalam bahasa Jepang, Nori adalah sebutan untuk rumput laut. Rumut laut kering sering disajikan sebagai makanan ringang atau pelengkap dalam hidangan sushi. Nori juga unik dan bisa dijadikan sebagai ide untuk nama bayi perempuan. Bahkan beberapa artis dan komedian diketahui telah menggunakan nama ini.

Olive / Olivia

Nama Olivia atau Oilive mungkin sudah tak asing lagi kita dengar. Ternyata kedua nama ini memiliki makna buah zaitun.

Poppy

Poppy adalah nama biji yang populer dipakai sebagai nama untuk anak perempuan. Poppy juga merupakan bunga yang sudah dipakai sebagai obat pereda nyeri tradisional sejak zaman dahulu. Selain itu, nama Poppy sudah sangat populer digunakan di Indonesia.

Pepper

Pepper adalah sebutan untuk lada dalam bahasa Inggris. Nama dari sejenis rempah ini juga diketahui banyak dipakai sebagai nama untuk bayi perempuan.

Peach

Peach memiliki arti buah persik dalam bahasa Inggris. Kata ini juga terdengar bagus dan unik bila dijadikan nama bayi.

Romaine

Romaine atau selada cos adalah nama sejenis sayuran selada. Nama ini juga bisa menjadi salah satu inspirasi bagi Bunda.

Rosemary

Rosemary atau Rosemari adalah sebutan untuk tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak yang juga memiliki nama serupa. Rempah ini telah populer sejak Eropa Abad pertengahan. Bahkan populer juga untuk memberi nama anak perempuan. Jika menginginkan nama modern Bunda bisa memakai nama variasi Rosemari serperti Rosie.

Saffron

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia. Tumbuhan ini memilki batang berwarna kemerahan yang diambil dari bunganya

Rempah ini seringkali digunakan pada berbagai masakan seperti hidangan paella Spanyol. Saffron juga dijadikan pewarna dengan nuansa warna kuning oranye terang.

Sugar

Sugar adalah bahasa Inggris dari Gula. Jika Bunda tertarik juga bisa menggunakan versi bahasa Jawanya yaitu Gendhis.

Sage

Sage adalah tumbuhan herbal dari Mediterania yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Sage adalah tumbuhan yang mirip dengan mint, lavender, rosemary, oregano, thyme, dan basil.

Kata Sage terdengar simple dan kekinian sehingga bisa Bunda jadikan inspirasi dalam menamai bayi perempuan.

Nama bayi terinspirasi dari makanan

Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi Dari Makanan

Alfredo

Alfredo adalah sejenis saus pasta yang creamy. Hidangan Alfredo tradisional biasanya berupa saus putih/krim. Terbuat dari mentega, krim kental, dan keju parmesan. Selain dikenal sebagai hidangan lezat nama ini memang populer dijadikan nama bayi.

Angus

Angus adalah ras sapi yang memiliki daging lezat. Jika Bunda dan Ayah pecinta hidangan olahan sapi, nama ini bisa menjadi salah satu ide untuk menamai bayi laki-laki. Nama Angus juga menduduki dalam daftar nama anak laki-laki Australia yang sempat populer beberapa tahun lalu.

Bartlett

Bartlett merupakan julukan untuk jenis buah pir.

Basil

Basil adalah sejenis tumbuhan yang mirip dengan daun kemangi. Dain ini dikenal dan populer ditambahkan dalam berbagai hidangan untuk menambah kelezatan masakan.

Benedict

Benedict adalah salah satu nama bayi laki-laki dari makanan yang bisa Bunda gunakan. Nama Benedict terinspirasi dari makanan egg benedict.

Chip

Kata Chip dalam bahasa Inggris bisa bermakna Keripik. Namun Chip biasanya digunakan di Amerika menjadi nama panggilan atau nama kesayangan untuk anak bernama Charles atau Christopher.

Filbert

Filbert adalah nama lain ari hazelnut atau kacang Hazek, Filbert yang juga bisa bermakna brilian.

Herb

Herb atau herba adalah sebutan untuk bagian tumbuhan selai sayur yang ditambahkan ke dalam makanan. Serangkali sebagai bumbu pemambah aroma dan kelezatan. Selain itu, nama Herb biasanya dijadikan kependekan dari nama Herbert.

Juniper

Juniper adalah nama rempah berbentuk daun-daun kecil yang dipercaya bisa menyehatkan saluran cerna. Rempah ini biasa dipakai pada sebagai tambahan dalam minuman atau untuk mengawetkan makanan. Kata Juniper juga diketahui dipakai sebagai nama anak oleh orang-orang Eropa.

Kobe

Kobe adalah sebutan untuk sejenis daging sapi mahal asal Jepang. Daging sapi Kobe merupakan jenis daging sapi Wagyu jenis Tajima yang berasal dari sapi hitam Jepang. Namun nama ini sering dipakai sebagai nama laki-laki. Terutama dipopulerkan olah pemain bola basket Amerika Serikat, Kobe Bryant.

Monte

Nama ini mungkin bisa Bunda Gunakan jika Anda menyukai sandwich Monte Cristo. Monte Cristo adalah jenis roti lapis atau sandwich ham dan keju goreng, yang merupakan varian dari croque-monsieur Prancis.

Oregano

Oregano adalah sejenis rempah-rempah. Rempah ini banyak dipakai untuk mengharumkan makanan. Tak ada salahnya untuk menyematkan kata ini dalam rangkaian nama sang buah hati bukan?

Roe

Roe adalah sebutan bagi ikan yang dipakai untuk membuat hidangan Jepang sushi.

Nama Bayi Terinspirasi dari Nama Latin Makanan

Oryza sativa: adalah nama latin dari padi. Makanan pokok sebagian besar penduduk di Indonesia. Nama latin padi ternyata sangat indah menarik untuk dijadikan sebagai nama untuk di kecil.

Eugenia aquea: merupakan nama latin dari buah jambu air juga terdengar unik dan bagus untuk disematkan sebagai nama anak perempuan.

Mangifera indica: adalah nama latin dari buah mangga yang bisa menjadi inspirasi nama bayi.

Vigna radiata: merupakan nama latin dari kacang hijau.

Manilkara zapota: merupakan nama latin dari Sawo Manila yang cukup unik dijadikan sebagai nama bayi.

Zea mays: adalah nama ilmiah atau nama latin tumbuhan jagung yang cukup unik sebagai referensi nama anak.

Piper nigrum: nama latin dari lada atau merica.

Alpinia galanga: nama latin dari lengkuas.

Demikian beberapa rekomendasi nama bayi dari makanan yang bisa Bunda pakai. Mungkin diantara nama-nama ini ada yang bisa Bunda pakai untuk disematkan sebagai nama tengah atau nama belakang si kecil.

To top