Nama Bayi

Nama Bayi Yang Lahir Saat Gerhana Bulan, Unik dan Menarik!

Nama Bayi Gerhana Bulan – tanyanama.com. Banyak orang tua yang memberi nama anaknya sesuai dengan fenomena atau peristiwa yang terjadi saat sang buah hati lahir ke dunia.

Misalnya untuk anak yang lahir saat terjadi gerhana bulan. Bunda mungkin ingin memberikan nama bayi perempuan atau laki-laki yang terinspirasi gerhana bulan kepadanya.

Gerhana bulan terjadi saat bulan tertutup oleh bayangan bumi. Gerhana bulan akan terlihat saat bulan, bumi dan matahari berada dalam satu garis lurus sementara bulan sedang berada dalam fase bulan purnama.

Kelahiran bayi bertepatan saat gerhana terjadi tentu menjadi momen yang langka dan istimewa. Nama-nama bayi yang memiliki arti gerhana pun bisa disematkan kepada si kecil. Dengan demikian nama ini akan menjadi kenangan hari kelahiran si kecil yang spesial.

Bagi Bunda dan Ayah yang tertarik memberikan nama bayi yang terinspirasi gerhana langsung saja simak ulasan berikut.

Nama bayi gerhana bulan
ilustrasi bayi terinspirasi gerhana bulan – pixabay

Nama Bayi Perempuan Dan Laki-laki Yang Lahir Saat Gerhana Bulan

Agharna

Agharna adalah nama bayi laki-laki yang berasal dari bahasa Sansekerta. Dalam bahasa Sanskerta Agharna memiliki arti ‘sang bulan’. Selain pengucapan yang terdengar mirip ‘gerhana’, nama ini juga bermakna baik dan menambah kesan gagah jika diberikan kepada anak-laki-laki.

Ayla

Ayla adalah nama bayi perempuan terinspirasi gerhana bulan dari bahasa Turki. Dalam bahasa Turki Ayla memiliki arti sinar atau cahaya rembulan. Nama yang cantik ini tentu sangat cocok dan bagus bagi bayi perempuan yang terlahir saat gerhana bulan.

Amritambu

Amritambu merupakan nama laki-laki dari asal bahasa Sansekerta. Nama yang unik ini memiliki arti ‘bulan’ dalam bahasa Sanskerta.

Bulan

Bunda juga bisa memberikan nama dengan kata ‘Bulan’. Akhir-akhir ini nama aesthetic Bulan mulai banyak dipakai para orang tua. Seperti kita ketahui Bulan sendiri berasal dari bahasa Indonesia yang memiliki arti penerang malam. Namun nama yang berasal dari benda angkasa luar ini mungkin paling cocok diberikan bagi anak perempuan.

Cressida

Cressida adalah nama salah satu bulan yang menjadi satelit alami planet Uranus. Nama ini bisa bunda pakai untuk anak perempuan yang lahir saat gerhana bulan terjadi.

Chantara

Nama Cahantara berasal dari negara Kamboja. Kata Chantara ditemui dalam bahasa kerajan Khmer kuno yang ada di Kamboja. Chantara memiliki arti ‘air bulan’.

Diana

Nama Diana mungkin sudah cukup populer dipakai di Indonesia. Tapi tahukah Bunda? Nama ini merupakan salah satu nama yang cocok untuk anak yang lahir saat terjadi gerhana. Diana ternyata berasal dari kisah mitologi Romawi. Diana adalah nama Dewi bulan Romawi yang dikisahkan memiliki wajah sangat cantik.

Deva

Deva dalam kepercayaan Hindu merupakan dewi Bulan. Deva juga memiliki arti pacaran cahaya atau kecerahan.

Elara

Elara adalah satu nama bayi perempuan yang cocok untuk anak kelahiran gerhana bulan. Elara dijadikan sebagai nama salah satu bulan planet Jupiter. Elara juga merupakan salah satu tokoh yang dijumpai dalam kisah mitologi Yunani kuno.

Eclipse

Nama Eclipse berasal dari bahasa Inggris dan memiliki arti Gerhana. Lunar eclipse adalah sebutan gerhana bulan dalam bahasa inggris, sedangkan gerhana matahari disebut solar eclipse.

Esmeray

Nama Esmeray berasal dari bahasa Turki. Dalam bahasa Turki Esmeray memilki arti dark moon atau bulan gelap. Nama ini sangat cocok dengan kondisi saat gerhana dimana bulan tiba-tiba menjadi gelap tertutup bayangan Bumi.

Gerhanawati

Bila Anda menginginkan nama yang bernuansa lokal maka nama Gerhanawati layak menjadi pilihan. Bila diartikan nama ini memiliki makna anak perempuan yang lahir saat gerhana. Nama ini bisa digunakan untuk anak kelahiran gerhana bulan atau gerhana matahari. Nama Gerhanawati sendiri merupakan gabungan dari nama Gerhana yang bermakna gerhana dengan akhiran nama Wati yang dalam bahasa Jawa memiliki arti ‘perempuan’.

Juliet

Nama Juliet populer berkat kisah cinta Romeo dan Juliet karya Shakespeare yang tak lekang oleh zaman. Selain itu nama ini dipakai sebagai nama bulan dari planet Uranus.

Kamaria

Nama Kamaria adalah nama yang berasal dari bahasa Swahili. Swahili merupakan bahasa yang banyak dipakai di Benua Afrika. Kamaria artinya ‘cerah bagai rembulan’. Menurut beberapa bahasa Kamaria juga bermakna cahaya bulan.

Komar

Jika kamaria cocok untuk bayi perempuan, maka Komar sangat bagus bagi bayi laki-laki. Komar berasal dari indonesia yang artinya bulan. Meskipun terdengar agak kuno dan jadul nama unik ini masih Bunda pakai dengan menjadikanya rangkaian nama bayi modern. Misalnya dengan dibuat kombinasi gabungan nama Arab, Islami, atau Sansekerta.

Mahina

Mahina adalah nama bayi perempuan dari bahasa Polinesia. Mahina artinya ‘rembulan’ dalam bahasa polinesia. Nama ini diambil dari nama dewi bulan yang bernama Hina dalam Mitologi hawai.

Menurut mitos yang berkembang terdapat seorang gadis cantik yang bernama Hina. Ia pergi melarikan diri ke bulan karena tak tahan lagi diganggu para laki-laki. Pada akhirnya dia menemukan kedamaian dan ketenangan saat menjadi penghuni bulan.

Mahsa

Nama Mahsa berasal dari bahasa Persia. Nama yang cantik ini memiliki arti ‘seperti bulan’. Bahasa Persia atau bahasa Parsi adalah bahasa Timur tengah yang cukup banyak dipakai di negara-negara Arab.

Mayar

Mayar adalah rekomendasi nama anak gerhana yang berasal dari bahasa Arab dan Ibrani. Dalam bahasa Arab dan Ibrani Mayar memiliki arti ‘cahaya bulan’. Nama yang terkesan halus dan lembut ini sangat cocok untuk putri kecil Bunda yang lahir saat gerhana bulan.

Menodora

Nama Menodora berasal dari bahasa Yunani. Nama ini memiliki makna ‘karunia bulan’ dalam bahasa Yunani. Seperti Bunda ketahui bahasa Yunani adalah bahasa yang mendunia dan telah diserap ke dalam berbagai bahasa.

Nurwulan

Nurwulan adalah inspirasi nama bayi perempuan yang berasal dari Indonesia. Nama Nurwulan memiliki arti ‘cahaya bulan’. Kata Nur diambil dari bahasa Arab yang artinya cahaya, sementara Wulan artinya rembulan dalam bahasa Jawa. Jadi nama ini isa dibilang merupakan gabungan nama Arab Jawa yang banyak di pakai di indonesia.

Nokomis

Nokomois adalah nama yang berasal dari bangsa pribumi yang menghuni Amerika, yaitu suku Indian. Nokomis memiliki arti ‘keturunan bulan’ dalam bahasa Indian. Orang Indian memang dikenal dekat dengan alam, bahkan nama-nama mereka pun banyak terinspirasi dari unsur alam.

Neoma

Neoma artinya bulan baru dalam bahasa Yunani. Bulan baru bisa dimaknai sebagai sebuah permulaan dari sesuatu yang baru. Nama berawalan N ini sangat bagus dan Indah dijadikan sebagai nama depan, nama tengah, maupun nama belakang.

Selena

Selena adalah nama yang terinspirasi dari Mitologi Yunani. Nama Selena diambil menurut kata ΣΕΛΉΝΗ (selene) yang artinya ‘bulan’. Dalam mitologi Yunani Selena merupakan nama seorang Dewi Bulan. Nama Selena memiliki banyak variasi nama seperti Selene, Selenia, Selina, Selini, Seli, dan Zelena. Bunda bisa menggukan salah satu dari variasi nama tersebut untuk dijadikan rangkaian. Nama Selina atau Selin mungkin cukup mudah pelafalannya dan indah di dengar.

Umbra

Umbra adalah sebutan untuk bagian inti atau tengah yang sangat gelap dalam fenomena alam gerhana bulan. Kata ini juga sangat cocok dijadikan sebagai nama bayi yang lahir saat gerhana. Tak hanya unik dan jarang dipakai, nama ini juga menambah kesan aesthetic.

Wulandari

Wulandari adalah nama anak perempuan asal bahasa Jawa. Nama dari bahasa Jawa ini memiliki makna ‘bulan purnama’. Nama ini cocok untuk bayi perempuan yang lahir pada waktu gerhana bulan terjadi, karena gerhana bulan biasanya hanya terjadi saat bulan purnama.

Zenith

Zenith adalah sebutan untuk bagian titik tertinggi langit. Dalam ilmu astronomi zenit adalah titik di angkasa yang berada persis di atas pengamat dari Bumi. Perhitungan kompleks berdasarkan zenit biasanya digunakan untuk memetakan posisi benda-benda langit di angkasa.

Demikianlah rekomendasi nama bayi yang terinspirasi dari gerhana bulan. Bunda bisa menjadikan nama-nama tersebut sebagai rangkaian nama yang indah dan penuh makna untuk diberikan pada si kecil. Nama-nama ini diharapkan bisa menjadi doa yang membawa berkah dan keberuntungan dalam kehidupan sang buah hati.

To top