Nama Bayi Perempuan

Nama Bayi Perempuan Filsafat Yang Terinspirasi Tokoh Filsuf Wanita, Unik Dan Cantik!

Nama Bayi Perempuan Filsafat – tanyanama.com. Apakah Bunda sedang mencari nama bayi perempuan unik yang bermakna bagus dan penuh filosofi? Nama yang diambil dari tokoh filsuf wanita bisa Bunda pakai untuk disematkan ke dalam rangkaian nama si kecil.

Ahli filsafat atau filsuf merupakan tokoh yang menjadi pemikir paling berpengaruh sepanjang sejarah dan menjadi fondasi dari ilmu pengetahuan modern.

Para filsuf mencetuskan konsep dasar dari berbagai bidang mulai dari sains, agama, hingga kebudayaan. Tak heran jika filsafat dijuluki ibu dari segala ilmu pengetahuan.

Nama-nama yang terinspirasi dari tokoh filsuf wanita ini tentu sangat bagus untuk diberikan pada bayi perempuan. Bukan hanya cantik dan indah, nama ini diharapkan akan menjadi doa yang mengiringi masa depanya.

Tak lain agar ia tumbuh menjadi perempuan yang berpikiran cerdas dan bijaksana seperti para filsuf wanita di bawah ini. Berikut ulasan lengkapnya yang disadur tanyanama.com dari situs momsindonesia.com, selamat menyimak.

Nama bayi perempuan filsafat
ilustrasi anak perempuan – unsplash

Nama Bayi Perempuan Terinspirasi Tokoh Filsuf Wanita Yang Penuh Filosofi

Anne

Nama pertama yang bisa Bunda gunakan merupakan Anne, yang terinspirasi dari Anne Conway. Anne Conway merupakan seorang filsuf Inggris dan dia menulis satu risalah filsafat yang dipengaruhi oleh para filsuf kontemporer. Nama Anne sendiri bermakna ‘nikmat’ atau ‘rahmat’. Sangat bagus diberikan untuk bayi perempuan.

Antoinette

Nama Antoinette diambil dari nama Antoinette Brown Blackwell. Ia merupakan seorang filsuf Amerika serta merupakan wanita pertama yang ditahbiskan sebagai pendeta Protestan di Amerika Serikat. Antoinette bermakna ‘pujian atau sangat terpuji’

Aspasia

Aspasia merupakan seorang filsuf Yunani dan penulis yang sangat berpengaruh di era Yunani Kuno. Apasia adalah nama bayi perempuan yang bermakna ‘sambutan, atau undangan’

Ayn

Ayn Rand merupakan seorang penulis naskah, novelis serta filsuf wanita berkebangsaan Rusia-Amerika. Ayn Rand dikenal secara luas karena mengembangkan teori Pembentukan Konsep menurut Filsafat Objektivisme. Nama Ayn juga ditemui dalam daftar nama bayi perempuan bahasa Finlandia yang artinya ‘anugerah’

Ban

Ban Zhao merupakan seorang filsuf Cina dan sejarawan wanita pertama dari Negeri Tirai Bambu.

Catherine

Catherine diambil dari Catherine Trotter Cockburn. Dia merupakan seorang penulis dan filsuf Inggris yang berfokus pada filsafat moral. Arti Nama Catherine dalam bahasa Latin adalah: Murni, jernih. Nama ini merupakan bentuk lain dari ‘Katharina’, dari bahasa Yunani ‘Aikaterina’.

Clea

Clea merupakan nama singkat atau bentuk pendek untuk Themisoclea yang juga dikenal dengan nama Aristoclea, salah satu filsuf pertama di benua Eropa.

Damaris

Damaris diambil dari nama Lady Damaris Cudworth Masham, merupakan seorang filsuf dan penulis Inggris yang paling dikenal sebagai “feminis Lockean” karena pekerjaan dan persahabatannya dengan ahli filsafat John Locke.

Diotima

Diotima of Mantinea terinspirasi dari nama tokoh fiksi yang ditampilkan dalam Simposium, salah satu dialog karya Plato.

Edith

Nama ini diambil dari Saint Edith Stein, seorang filsuf Jerman-Yahudi yang akhirnya dijadikan santo pelindung Eropa setelah masuk agama Katolik.

Elizabeth

Elizabeth dari Palatinate merupakan seorang filsuf Jerman yang diketahui merupakan seorang rekan yang sering bertukar pikiran dengan René Descartes, seorang filsuf dan matematikawan Prancis.

Emilie

Emilie du Chatelet merupakan seorang filsuf Perancis. Di adalah wanita yang menerjemahkan Principia karya Isaac Newton ke dalam bahasa Perancis.

Hannah

Hannah diambil dari nama Hannah Arendt, seorang filsuf Amerika dan ilmuwan politik yang dilahirkan di Jerman serta terkenal karena karyanya dalam ideologi totalitarianisme.

Harriet

Harriet Taylor Mill merupakan seorang filsuf Inggris dan banyak terlibat dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, dan dia menulis banyak karya tentang gerakan hak pilih perempuan.

Helena

Helena Blavatsky merupakan seorang filsuf Rusia yang ikut serta mendirikan Theosophical Society.

Heloise

Heloise d’Artgenteuill merupakan seorang biarawati Perancis serta filsuf yang banyak mengangkat tema cinta dan persahabatan.

Hildegard

Saint Hildegard dari Bingen merupakan seorang filsuf Jerman yang diyakini sebagai pendiri sejarah alam ilmiah di Jerman. Ia juga dikenal sebagai Santa Hildegardis dan Sibil dari Rhein, yang juga merupakan seorang magistra (guru wanita).

Hypatia

Hypatia merupakan seorang astronom dan filsuf wanita di Mesir yang mengajar filsafat dan astronomi, ia merupakan tokoh neoplatonisme dari Aleksandria.

Iris

Dame Irish Murdoch merupakan seorang filsuf Inggris-Irlandia yang menulis beberapa novel serta berperan besar dalam filsafat moral. Ia dikenal karena interpretasinya tentang Aristoteles dan Plato.

Jacqueline

Jacqueline diambil dari tokoh Jacqueline Broad, seorang filsuf wanita dan profesor Australia di Monash University di Australia. Jacqueline Broad dikenal karena menulis Women Philosophers of the Seventeenth Century.

Juana

Juana Ines de la Cruz merupakan seorang filsuf serta penulis Meksiko yang banyak berkontribusi pada sastra pada zaman Keemasan Spanyol.

Judith

Judith Jarvis Thomson merupakan seorang filsuf Amerika dan terpilih masuk dalam American Philosophical Society. Ia dikenal karena mencetuskan eksperimen pemikiran dalam etika yang dikenal dengan nama Trolley Problem.

Laura

Laura Ruetsche merupakan tokoh wanita filsuf Amerika dan Ketua departemen filsafat di University of Michigan.

Macrina

Saint Macrina the Younger merupakan seorang universalis dan biarawati pada awal masa Gereja Kristen Katolik.

Maitreyi

Maitreyi merupakan seorang filsuf wanita India selama periode Veda dan hingga ini simbol cendekiawan wanita India.

Mary

Mary Astell merupakan seorang penulis serta filsuf Inggris yang dikenal sebagai feminis Inggris pertama.

Philippa

Philippa Foot merupakan seorang filsuf wanita Inggris yang menjadi salah satu pendiri etika moralitas kontemporer.

Rosa

Rosa Luxemburg merupakan seorang filsuf Polandia-Jerman yang ikut mendirikan Liga Spartacus anti-perang.

Ruth

Ruth Barcan Marcus merupakan seorang filsuf Amerika yang dikenal mengembangkan prinsip logika modal yang disebut rumus Barcan.

Simone

Simone de Beauvoir merupakan seorang filsuf Perancis terkenal yang menulis beberapa karya dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap eksistensialisme perempuan.

Sosipatra

Sosipatra dari Pergamus merupakan seorang filsuf Neoplatonis Yunani dan konon juga dikisahkan memiliki kekuatan mistik.

Susanne

Susanne Langer merupakan wanita pertama yang diakui sebagai filsuf Amerika. Susanne Langer dikenal karena teori-teorinya mengenai pengaruh seni rupa pada pikiran manusia.

Itulah dia sederet nama tokoh filsuf wanita terkenal beserta biografi singkatnya yang bisa Bunda pakai untuk menamai si kecil. Semoga dengan memberikan nama-nama ini anak perempuan Bunda akan tumbuh menjadi wanita cerdas dan bijaksana.

To top