Nama Bayi Laki Laki

220+ Nama Bayi Laki-laki Sunda Beserta Artinya, Sunda Ningrat & Islami yang Penuh Makna

Nama Bayi Laki-laki Sunda – tanyanama.com. Bagi Anda yang sedang menanti kelahiran buah hati, mungkin saat ini sudah mulai mencari rangkaian nama yang bagus bagi anak laki-laki. Bunda sebaiknya memilih nama-nama yang indah dan bermakna baik, karena nama itu akan melekat hingga akhir hayat.

Ada banyak sekali pilihan nama dari beragam bahasa. Salah satunya adalah nama yang bernuansa budaya dan bahasa daerah seperti nama bayi laki-laki Sunda. Nama dari bahasa Sunda layak Bunda jadikan pilihan. Selain Indah, juga sarat akan makna dan harapan baik bagi putra kecil Anda.

Bahasa yang memiliki banyak penutur di Jawa Barat ini dikenal akan keluhuran dan keunikan kosakata. Seperti bahasa era kerajaan lain di Indonesia, nama bayi dari bahasa Sunda kuno banyak dipengaruhi oleh unsur Sansekerta. Dan kemudian dipengaruhi oleh budaya Arab-Islami setelah masuknya Islam ke Nusantara.

Melansir dari berbagai sumber, berikut tanyanama.com sajikan referensi nama bayi laki-laki sunda terlengkap. Mulai dari sunda ningrat, sunda islami, dan rekomendasi nama yang keren dan modern lainnya dari bahasa Sunda.

Nama bayi laki-laki sunda
ilustrasi bayi laki-laki sunda – pixabay

Nama Bayi Laki-laki Sunda Ningrat dari Bahasa Sunda Kuno

Berikut adalah nama anak laki laki kerajaan Sunda. Nama-nama ini memliki nuansa bangsawan dan ningrat yang kental karena banyak dipakai oleh kalangan raja yang pernah berkuasa di tatar Sunda seperti Kerajaan Galuh, Kerajaan Pajajaran, dan lain sebagainya.

Adiwangsa Gumelar Harisdarma

Adiwangsa: bangsa utama
Gumelar: kehormatan
Harisdarma: nama lain dari Sanjaya (nama raja galuh yang menguasai seluruh jawa)

Adiwangsa Gumelar Harisdarma adalah nama Sunda ningrat pertama yang menjadi rekomendasi paling bagus untuk Bunda. Nama Adiwangsa memiliki arti bangsa utama dalam bahasa Sunda. Sementara gumelar artinya kehormatan. Harisdarma sendiri adalah nama lain dari Sanjaya, seorang raja dari Kerajaan Galuh yang pernah berkuasa di tanah Sunda.

Selain terdengar indah, Adiwangsa Gumelar Harisdarma juga memliki arti yang sangat bagus. Jika digabungkan nama ini memiliki arti anak lelaki yang terlahir dari bangsa utama yang akan dihormati dan menjadi penguasa. Dengan nama ini, akan menjadi sebuah doa yang senantiasa tersemat dalam namanya.

Baca juga: 150+ Nama Bayi Perempuan Sunda Beserta Artinya, Sunda Islami, Ningrat, dan Sunda kuno

Suganda Linggabuwana Gandana

Suganda: kelebihan yang baik
Linggabuwana: raja sunda yang wafat ketika terjadi perang bubat
Gandana: harum

Nama bayi laki-laki Sunda ningrat berikutnya yang tak kalah bagus adalah Suganda Linggabuwana Gandana. Nama ini memiliki sususan kosa kata berulang yang menjadi ciri khas nama-nama orang sunda. Jika ditelusuri arti namanya juga sangat bermakna serta penuh filosofi yang mendalam. Suganda artinya kelebihan yang baik dalam bahasa Sunda. Linggabuwana merupakan nama dari raja kerajaan sunda yang gugur saat terjadinya perang bubat.

Jika digabungkan nama ini memiliki arti laki-laki yang memiliki banyak kelebihan dan berjiwa pahlawan serra membawa keharuman bagi keluarganya. Nama ini mengandung sebuah doa agar putra Bunda nantinya menjadi pribadi yang unggul dan rela berkorban melindungi sesamanya.

Sastranagara Dawala Jayadarma

Sastranagara: ungkapan jiwa untuk negara
Dawala: nama tokoh pewayangan (petruk), sabar, setia, penurut
Jayadarma: jalan hidup yang baik dan berjaya (nama putra mahkota Sunda yang merupakan ayah dari pendiri kerajaan majapahit)

Sastranagara Dawala Jayadarma adalah inspirasi nama bangsawan sunda selanjutnya. Nama Sastranagara bermakna ungkapan jiwa bagi negara. Dawala adalah yang artinya setia, sabar, dan penurut, nama Dawala juga merupakan nama lain atau alias dari tokoh wayang Petruk. Sementara Jayadarma adalah nama bayi Sunda ningrat yang artinya baik dan berjaya. Jayadarma adalah putra mahkota Sunda yang merupakan ayah dari pendiri kerajaan Majapahit.

Bila disatukan nama ini bermakna Anak laki laki setia yang berbakti bagi negaranya dan memiliki jalan hidup berjaya penuh kebaikan.

Ginanjar Hendra Sanjaya

Ginanjar: pemberian, hadiah
Hendra: petuah dewa
Sanjaya: selamanya berjaya (nama raja galuh yang menguasai seluruh jawa)

Ginanjar Hendra Sanjaya juga bisa Bunda pakai jika sedang mencari nama bayi laki-laki bangsawan sunda atau sunda ningrat. Nama dari 3 kata ini terdiri dari nama depan Ginanjar yang artinya pemberian atau hadiah. Nama tengahnya Hendra yang berarti petuah dewa, sementara nama belakangnya Sanjaya yang memiliki arti selamanya berjaya.

Apabila disatukan nama ini berarti hadiah dari Tuhan yang selalu mengikuti petuah-Nya dan memiliki kejayaan abadi. Melalui makna ini diharapkan putra Anda menjadi pribadi yang taat pada Tuhan dan selalu mengikuti nasihat orang tuanya.

Dewawarman Rakha Astrajingga

Dewawarman: gelar untuk raja salakanagara
Rakha: kakak
Astrajingga: tokoh wayang yang merupakan anak tertua semar (nama lain dari cepot)

Ide nama bayi sunda ningrat yang berikutnya adalah Dewawarman Rakha Astrajingga. Selain terdengar gagah nama ini sangat bagus maknanya. Dewawarman adalah sebuah gelar ningrat untuk raja sakalanagara. Rakha artinya seorang kakak dalam bahasa Sunda sementara Astrajingga adalah nama anak tertua tokoh punakawan semar atau nama lain dari cepot.

Nama ini sangat cocok sebagai namauntuk anak pertama sebab kelak ia akan menjadi seorang kakak bagi adik-adiknya. Rangkaian nama bayi sunda ini berisikan doa agar si kecil memiliki pribadi yang mulia dan dihormati serta berjiwa kepemimpinan.

Nama Bayi Laki-laki Sunda Islami yang Keren dan Modern

Wawan Kurniawan Ilmani

Wawan: laki-laki
Kurniawan: laki-laki karunia tuhan
Imani: berarti berilmu

Wawan artinya laki-laki. Kurniawan bermakna laki laki karunia Tuhan. Sementara Ilmani artinya berilmu. Jika ditrangkai nama ini artinya laki laki karunia Tuhan yang berilmu dan pandai.

Ahmad Durahman Kartasasmita

Ahmad: terpuji
Durahman: pengasih
Kartasasmita: perlambang aman

Nama Ahmad artinya terpuji, nama sunda ini merupakan bentuk singkat dari Muhammad, nama baginda rasulullah SAW. Durahman berati terpuji dalam bahasa Sunda. Sementar katasasmita artinya perlambang aman. Jadi makna rangkaian namanya adalah laki laki terpuji yang memiliki sifat pengasih dan membwa keamanan

Galih Asta Khalifah

Galih: inti, hati
Asta: bumi
Khalifah: pemimpin

Galih artinya inti, nama ini juga bermakna hati. Asta adalah nama bayi laki laki sunda yang artinya Bumi. Sementara Khalifah dalam bahasa Arab bermakna pemimpin. Jadi rngkaian nama ini bisa dimaknai sebagai seorang laki-laki yang menjadi khalifah atau pemimpin di Bumi.

Gilang Fahmi Nataprawira

Gilang: cahaya
Fahmi: memahami
Nataprawira: pemimpin yang teguh

Gilang bermakna cahaya dalam bahasa Sunda. Fahmi adalah nama bahasa Islami atau Arab yamg artinya memahami, atau bisa dimaknai sebagai orang yang memiliki banyak ilmu. Sementara Nataprawira artinya pemimpin yang teguh. Sehingga makna rangkaiannya lelaki pembawa terang cahaya yang kelak menjadi pemimpin teguh.

Hamdan Gandana Wicaksana

Hamdan: orang yang terpuji
Gandana: harum
Wicaksana: bijaksana

Hamdan artinya orang yang terpuji dalam bahasa Arab. Gandana berarti harum atau wangi. Sementara Wicaksana bermakna bijaksana. Bila digabungkan nama ini bermakna laki-laki terpuji yang bijaksana dan mengharumkan nama keluarganya.

Temukan referensi nama bayi laki-laki sunda lainnya di halaman dua dan tiga.

To top