Daftar Nama Bayi Daftar Tips Nama Bayi Memilih Nama Bayi: Jangan Sampai Menyesal! Nama Bayi

Tips Memilih Nama Bayi: Jangan Sampai Menyesal!

Memilih Nama Bayi: Jangan Sampai Menyesal! – Bingung memilih nama bayi merupakan hal yang sangat wajar terutama bagi pasangan yang sedang menantikan anak pertama. Anda dapat mencari ide nama bayi dari orang orang sekitar ataupun dari internet. Inti dari pemilihan nama bayi yang tepat adalah tidak adanya penyesalan kemudian hari bagi si anak maupun bagi anda sebagai orang tua.

Berikut beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan dalam memilih nama bayi agar tidak muncul rasa penyesalan atau rasa kecewa dikemudian hari.

memilih nama bayi

15 Cara Terbaik Dalam Memilih Nama Bayi!

1. Nama Tersebut Harus Indah Didengar Dan Serasi

Pilihlah nama yang terdengar indah dan serasi sewaktu diucapkan. Jika anda memutuskan untuk menggunakan nama keluarga dibelakang, maka pilihlah nama yang pengucapannya tidak berbenturan sehingga tidak aneh terdengar ketika diucapkan.

2. Nama Tersebut Harus Unik Tapi Juga Jangan Pilih Yang Aneh

Nama tersebut tetap harus memperhatikan keserasian, mudah untuk diucapkan dan indah didengar.

3. Nama Bayi Yang Dipilih Harus Mempunyai Makna Positif Dalam Kehidupan

Sediakan waktu untuk mengecek arti nama yang akan anda pilih dibandingkan dengan arti nama tersebut dalam berbagai bahasa daerah. Jangan sampai nama yang anda pilih mempunyai makna yang buruk atau negatif bagi suatu daerah tertentu di Indonesia. Ingat bahwa nama ini akan disandang seumur hidup oleh anak anda.

4. Pilihlah Nama Yang Dapat Memberikan Nama Panggilan Yang Singkat Dan Mudah

Mengenai nama panggilan menjadi opsi penting dalam nama. Sebab dengan menggunakan nama panggilan yang mudah ini akan mempermudah Anda, teman ataupun keluarga yang lain mengucapkannya. Sekaligus untuk mudah diingat pula.

5. Memilih Nama Yang Jelas Dan Tak Membingungkan

Dalam pemilihan nama hal yang harus diperhatikan mengenai susunan kata dan arti dibalik namanya. Harus punya arti yang jelas dan pilihan kata yang mudah sehingga tak membingungkan di masa depannya nanti.  Dan arti nama tersebut dapat menunjukkan dengan jelas perihal jenis kelami yang sesuai dengan yang dicari.

6. Jangan Tergesa-gesa Dalam Memilih Nama

Luangkan waktu yang cukup untuk berpikir dan berkreasi menyangkut nama yang akan anda berikan kepada bayi anda tercinta. Jangan hanya asal saja dalam memilihkan namanya.

7. Libatkan Keluarga Dalam Memberikan Ide Nama

Jika anda memutuskan untuk memasukan nama salah satu anggota keluarga atau saudara, sebaiknya anda rahasiakan sampai hari kelahiran bayi anda. Hal ini ditujukan agar mencegah kecemburuan dari anggota keluarga atau saudara yang lain.

8. Tulislah Dalam Suatu Daftar Calon Nama Yang Akan Dipilih

Hindari berselisih pendapat ketika akan memilih nama bagi sang bayi.  Terima segala saran dan masukan dari anggota keluarga lain. Dan pertimbangkan secara matang hasil akhir dari pilihan namanya.

9. Jangan Memberikan Nama Depan Atau Nama Belakang Yang  Terlalu Panjang  Atau Pendek

Memilihkan nama depan anak yang terlalu panjang akan membawa ketidakseimbangan dengan nama akhir yang pendek, begitu pula sebaliknya.

10.Hindari Memberikan Nama Yang Terdengar Aneh Ketika Anak Anda Masih Kecil

Pemberian nama yang aneh ini tentu akan mempengaruhi kelak dimasa depannya.  Bisa jadi saat kecil terdengar biasa saja namun saat beranjak dewasa akan memberikan kesan yang terdengar lucu dan aneh bagi orang lain.

11.Berhati-Hatilah Memilih Nama Yang Terdengar Keren Untuk Diucapkan

Hal ini bisa membuat nama tersebut walaupun terdengar keren tapi sulit untuk diucapkan oleh orang lain. Penelitian menyebutkan bahwa nama anak yang tidak biasa atau tidak umum lebih sering menjadi bahan olok-olokan bagi teman sebayanya dan dapat membawa dampak buruk bagi kehidupan sosialnya.

12. Hindari Memilihkan Nama Yang Memiliki Kesan Negatif

Biasanya anak anak usia 10 sampai 12 tahun seringkali meledek nama teman teman permainannya. Cobalah untuk berbicara dengan anak anak pada umur tersebut mengenai calon nama yang sudah anda pilih bagi sang bayi.

13. Menggabungkan Nama Anda Dan Nama Pasangan

Anda bisa menciptakan suatu nama yang merupakan kombinasi dari nama anda dan pasangan anda.

14. Berhati Hatilah Dalam Memilih Nama Yang Bersifat Modern

Terkadang nama yang modern tak selamanya memiliki makna yang bagus. Dan biasanya nama modern tersusun dari banyak ejaan. Perhatikan ejaan huruf dari nama tersebut jangan sampai orang orang disekitar salah menyebutkan atau salah menulis ejaan tersebut.

15. Perhatikan Pula Inisial Dari Nama Si Anak

Jangan sampai inisial tersebut ( huruf awal nama depan, tengah dan belakang ) memiliki kombinasi inisial yang buruk. Misalnya nama Tania Ananda Iskandar akan disingkat ….

Semoga artikel Memilih Nama Bayi ini bisa membantu bagi calon papa mama baru sekalian. Topik yang serupa dengan artikel ini, Anda dapat temukan dalam kategori Nama Bayi. Jika Anda ingin membaca artikel tentang kumpulan nama bayi, silahkan klik disini untuk Nama Bayi Laki Laki dan disini untuk Nama Bayi Perempuan. Silahkan kunjungi artikel nama bayi kami yang lain.

To top